Sabtu, 21 April 2018

KELAS MENULIS

Hari ini saya mengikuti kelas menulis yang diadakan Santri Nulis. Kelas ini diselenggarakan di Warung Up Normal, Jl. Pajajaran Bogor.

Pagi-pagi saya sudah berangkat menuju Warung Up Normal, dengan naik ojeg online. Sesampainya di sana tempatnya masih sepi, sayapun naik ke lantai 2.

Ternyata di lantai 2 sudah ada beberapa peserta  yang sudah datang. Mereka kebanyakan perempuan muda yang masih enerjik.

Saya mengambil tempat yang masih kosong, sambil menunggu teman saya yang juga peserta kelas ini.

Beberapa saat kemudian, acara dimulai. Acara diawali dengan perkenalan masing-masing peserta, menyebutkan nama, asal dari mana dan seputar pengalamannya dalam menulis.

Peserta jumlahnya ada 25 orang, dan ternyata sayalah yang paling senior hehe...
Ga apa-apalah, kan belajar tidak mengenal usia.

Setelah acara perkenalan selesai, dilanjutkan dengan pemberian materi tentang penulisan novel, oleh penulis berbakat Dwita Sari. Dwita menjelaskan secara rinci langkah-langkah penulisan novel, dari penentuan karakter si tokoh, kerangka tulisan, sampai trik untuk mengirimkan naskah ke penerbit. Tetapi yang paling berkesan buat saya, ternyata untuk menjadi penulis itu harus punya ciri khas tersendiri, sehingga dikenal oleh penerbit. Dan penulis itu tidak perlu takut karyanya tidak dibaca, karena setiap genre ada peminatnya masing-masing. Makanya teruslah menulis, berlatih dan berlatih terus, dan jangan lupa membaca juga karya orang lain, sebagai bahan belajar.


 Suasana Warung Up Normal di pagi hari, belum banyak peserta yang datang.


Suasana kelas menulis


Pemberian kenang-kenangan kepada Dwita Sari dari founder Santri Nulis


Foto bersama dengan penulis Dwita Sari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HALAL MART ANGGREK CIOMAS

 Telah dibuka Halal Mart di Alam Tirta Lestari Ciomas Bogor Wa.me/081399644530